Speech Recognition For Indonesian Language

Almost people in the world has a dream to make a machine which can understand what people says. Maybe it is still far away from perfection. A lot of algorithms has been tried to face this goal. One kind of algorithm is to make a model for words using HMMs. Generally, there are two kind of HMMs: DHMMs and CDHMMs. These algorithms will be tried to recognize indonesian words, such as: satu, dua, tiga, and empat in the case independent speaker. The uterances of 7 men and 8 women are going to be used for testing. For training, uterances from 5 men and 5 women will be used.
Cepstral, log energi, and fundamental frequency are used for speech features. There will be 7 variations for this combination of features. The features that give the best performance will be reported. Cepstral coefficient is got from LPC coefficient. While, SIFT algorithm will be used for search fundamental frequency.
After make some experiments, number of code vector which used for quantize vector in DHMMs system, has a big influence on DHMMs performance. Not always the bigger of number of codevector give the bigger performance. Features that give the best performance in DHMMs system is cepstral using 8 code vector. The result is the system that can recognize 128 uterances from 150 variations (85,3%).
For CDHMMs system, combination of cepstral, log energy, and frequency fundamental give the best performance which can recognize 143 uterances (95,3%).
To be continued ..

25 COMMENTS

  1. Saya iip permana.
    mahasiswa stt telkom (sekarang IT Telkom).,sedang mengajukan judul TA tentang
    aplikasi speech to text pada hp berbasis j2me dengan metode dicrette hidden markov menggunakan algoritma LPC(Linear Predictive Coding) yang diolah oleh modul VQ(vector quantization)
    tapi masih meraba-raba.
    mohon bantuannya pak.
    terima kasih
  2. @iip
    Apa yang saya buat adalah speech to text, jadi kebalikannya yang akan Anda buat. Di TA saya memang ada bahasan DHMM, VQ dan LPC Anda bisa cari di perpustakaan STT Telkom dengan judul Analisis DHMMs dan CDHMMs untuk Isolated-Word Recognition.
    Sebagai catatan beberapa hand phone nokia sudah memiliki built in SMS to voice untuk bahasa Indonesia, sudah lumayan, tapi akan sangat aneh jika SMS berisi singkatan2. Sehingga tidak berguna feature ini karena 90% orang mengirimkan SMS dengan menggunakan singkatan.
    Jadi menurut saya akan lebih menantang kalau Anda bisa membuat kebalikannya, yaitu speech to SMS misalnya dengan bantuan IVR. Mekanismenya bisa jadi orang yang akan mengirim SMS tinggal dial *nohptujuan, kemudian tersambung ke mesin IVR, setelah itu merekam voice nya dan di convert oleh engine speech to text, kemudian text dikirimkan melalui SMSC operator ke nohptujuan.
  3. rencana awal memang seperti itu pak, tapi mekanismenya tidak terbayangkan oleh saya.
    mohon pencerahan pak…
    apa yang dimaksud dengan IVR…
    terima kasih
  4. IVR= Interactive voice response. Biasanya digunakan untuk customer service, contohnya saat Anda telepon ke 147 akan ada jawaban, tekan 1 untuk pelanggan flexi, tekan 2 untuk bla.. bla.. bla.. nah yang menjawab telepon anda itu dinamakan IVR.
    Jadi proses speech to text tidak dilakukan di HP melainkan di server.
    Yang paling penting dari mekanisme ini adalah MSC operator dapat mem forward setiap call yang diawali * ke server IVR dan juga memforward no tujuan setelah * tersebut ke IVR.
  5. Assalamu’alaikum
    saya mahasiswa yg sedang tugas akhir, tema saya adalah speech recognition. Namun sy hanya mengenali suku kata, dan secara tata bahasa indonesia, suku kata sendiri dapat diklasifikasikan menjadi V(vokal),VK(vokal-konsonan),KV,KVK,KKV,KKVK,sampai KVKKK (CMIIW) . Saya menggunakan java language untuk membuat aplikasi ini. Saya telah merekam suara dengan tipe .wav file
    Seperti bapak sy menggunakan LPC (Linear predictive coding) u/ ekstraksi parameter suara
  6. saya mahasiswa IT lagi buat skripsi tentang Speech tapi digunakan untuk layanan pada windows XP. saya bingung tentang coding menggunakan VB 2008.
    mohon bantuannya……………..
    ada contohnya gak ya…………
    admin: Coba Anda pelajari dulu cara pemrograman menggunakan visual basic 2008. Banyak kok source gratisan di Internet. Bisa dengan meminta bantuan google untuk mencarinya. Biasa untuk belajar pemrograman yang pertama di buat adalah aplikasi hello world. Coba saja cari cara membuat aplikasi tersebut dengan menggunakan VB 2008. Setelah bisa belajar menggunakan aplikasi2 lain. Kalau sudah mahir bisa baca2 MSDN. setelah itu baru buat aplikasi untuk speech recognitionnya.
    Semoga bermanfaat
  7. maaf terimakasih sebelum dan sesudahnya
    ditunggu kabarnya
  8. perkenalkan nama q morris
    aq hanya ingin nanya nih ama teman2
    klo tau silahkan kirim ke email q ini
    morrisrobertus@yahoo.com
    pertanyaannya
    1.Apakah dalam pembuatan aplikasi voice recognition diperlukan mikrofon untuk sebuah laptop?
    2.Apakah dalam pembuatan aplikasi voice recognition bisa dalam bahasa java?
    Thanks klo uda berpartisipasi klo mau mengirim email ke aq.
    salam persahabatan.
    admin:
    1. Mikrofon berguna untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik. Untuk membuat aplikasi orang menggunakan bahasa pemrograman misalnya java.
    2. Saya belum pernah membuat aplikasi voice recognition menggunakan java. Tapi secara teori harusnya bisa.
  9. Saya mahasiswa TI yang mau ngembangin voice recognition sesuai dengan topik TA saya…
    Penasaran ama voice recognition dengan bahasa pemrograman java kira-kira sperti apa y???
    maap masih awam soalnya
  10. pertama kali aku ucapkan terimakasih pada admin yang sudah menjawab pertanyaan pertamaku.Tapi aku masih ada pertanyaan yang mungkin admin bisa bantu.
    1.pernahkah admin membuat sebuah aplikasi speech recognition?
    2.apa-apa aja yang ada dalam aplikasi speech recognition tersebut?
    trimakasih admin………
    admin:
    1. pernah untuk keperluan skripsi.
    2. tulisan di atas adalah abstraksi dari skripsi yang dibuat. Ada proses recording, pelatihan model dan pengenalan suara. Analisis LPC dan cepstral, proses kuantisasi. Grafik LPC, sinyal suara dan kayak nya masih banyak lagi.. soalnya dah lupa.. :)
  11. Contoh salah satu skripsi menggunakan IVR dengan fasilitas TAPI ( Telephony Application Programming Interface).
  12. perkenalkan admin saya nhia mahasiswa yang sedang tugas akhir dan membahas aplikasi speech recognition untuk pengendalian microsoft word…
    ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan kepada admin diantaranya :
    1. untuk proses recording seperti apa
    2. dan bagaimana cara untuk pelatihan model pengenalan suara nya kebetulan saya menggunakan metode HMM..
    terimakasih atas jawabanya…..
  13. kenalkn nama saya puput lagi buat skripsi tentang identifikasi suara sebagai isyarat perintah dasar arah.yang ingin saya tanyakan saya kan mau pake spectrum analyzer, tp selama ini yang ditemukan spectrum analyzer yang tidak ada angkanya sedang inputan untuk ke metodenya harus ambil dari spestrum tersebut.mohon bantuannya ya…….
  14. HI Admin,
    perkenalkan namaku puphe, aku gi nyari topik TA ttg speech to text, rencananya menggunakan software matlab..
    yang pengen aku tanyain:
    1. pengetahuan dasar apa yang perlu saya ketahui untuk mengangkat topik ini??
    2. BUku yang paling bagus untuk di baca apa ? dah ada yang berbahasa Indonesia g??
    thx be4
  15. hai, admin
    saya mau tanya masalh speech recognize nih…
    Apa udah ada aplikasi yang digunakan untuk mengubah suara ke teks menggunkan bahasa indonsia?
    klo udah ada boleh tahu saya bisa baca artikelnya dimana?
    terima kasih
  16. pak admin,,kebetulan saya lagi garap TA ttg speech recogniton………di windows,
    pake VB 2005 (VB.NET) dengan tools pendukung SAPI 5.1,,cara validasi program agar dpat memanggil
    otepad.exe dan sekaligus dapat mengeja per huruf untuk membentuk sebuah kata….(dengan menyebut satu per satu huruf maka akn tampil jg di notepad shg dpt membentuk kalimat )
    dimana input menggunakan microphone….(suara)…..
    trima kasih pak …mohon da solusi nya
  17. kalau butuh bantuan coding speech recognition, bisa email kepenyimpan73@yahoo.com, atau hp 088802767057
  18. saya mahasiswa yang sedang TA alias Skripsi..
    waktu lagi nyari2 ketemu nih judul speech recognition,
    n saya tertarik ama nih judul tapi masih blum kebayang alur program nya…
    jadi saya mohon bimbingannya,
    mudah-mudahan admin berkenan untuk membalas n membantu saya karena, nih posting kan dah cukup lama…
  19. pak admin saya mahasiswi IT yang akan mengambil tugas akhir
    saya cukup tertarik dengan topik speech recognition ini.
    yg terpikir di benak saya adalah speech recognition to text tapi apakah sudah ada penerapannya dalam pembentukan lirik lagu?kalau ada dengan menggunakan metode apa ya?
    terima kasih sekali jika bapak mau menjawab dan membantu
  20. hati hati kena tipu
    dengan nama siapapun ,salah satunya penyimpan73@yahoo.com
    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=157682033#post157682033
    sebaiknya jangan menggunakan jasa yg tidak dikenal
  21. saya berencana membangun sistem speech recognition.. rencanany nanti suara dari user akan dikonversi ke teks olehMicrosoft SAPI, lalu dari teks itu baru akan menjalankan command. nah kr2 metode algoritma apa ya yg bisa saya gunakan??
  22. saya mengunakan matlab dgn metode Word Spotting
  23. Pak Admin terhormat,
    Saya berencana buat aplikasi pengenlan suara, dimana aplikasii tersebut mapu membedakan suara laki-laki atau perempuan,
    Nah, saya masih meraba-raba tentang tool pemograman yang cocok untuk ini.
    Mohon Pencerahan nya
  24. pak admin saya mahasiswa telkom yg akan mengambil tugas akhir. tentang konversi speech to text yg akn d’buat untuk ngirim pesan…
    Tapi saya masih bingung, apa aja yg harus sya pelajari n kuasai?
    pemrograman pa yg ccok bt kasus saya d’atas?
    adakah buku, artikel atau referensi yg bagus bt mendukung tugas akhir saya?
    terima kasih pak admin sebelumnya dan mohon bantuannya….
  25. pak admin, bagus postingnya, tapi kalo boleh minta donk….
    taufiq_moesliem@yahoo.com
    mau buat TA nih

DISCUSSION | SHARE FEEDBACK

 

 

 


Get a new challenge
Get an audio challenge
Help
 
 

0 komentar " ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Bantu dengan klik

Please Click Here!!