Pengertian Trackback, Cara bikin dan Fungsi Trackback

Pengertian Trackback, Cara bikin dan Fungsi Trackback
Posted on August 29, 2010 by justm3

Mungkin kita sering mendengar ataupun melihat istilah trackback. Apalagi jika pengguna cms wordpress, maka biasanya waktu membuat posting di bawah kotak editor ada opsi untuk Send trackbacks to.

Nah, yang jadi jadi pertanyaan beberapa blogger khususnya yang masih pemula seperti halnya saya adalah apa pengertian trackback, cara membuat serta fungsi dari trackback ? Pertanyaan seperti inilah yang menghinggapi pikiran saya selama beberapa saat lalu. Dan menggugah niat untuk mencari informasi seputar hal ini. Tak butuh waktu lama, dengan bantuan google akhirnya saya temukan juga beberapa situs yang membahasnya. Dan saya ingin mencoba untuk mengulasnya di blog ini.

Saya mulai dari pengertian trackback. Mungkin masing-masing blogger punya susunan kalimat sendiri-sendiri tapi maksudnya adalah sama. Dan, menurut pemahaman saya trackback adalah semacam komentar otomatis untuk memberitahu blog lain yang linknya kita tautkan dalam artikel kita. Jadi, misalnya setelah kita mengelink ke blog B dalam sebuah artikel kita dan mengirim trackback, maka secara otomatis sebuah komentar dari kita akan muncul di blog si B dan berisi penggalan kalimat yang masih berhubungan dengan link yang kita tautkan tadi. Biasanya berawalan dan berakhiran tanda [...]. Atau kalau mau melihat contohnya langsung silahkan lihat artikel saya berjudul Blogger Templates Colorizetemplates.com. Di situ ada beberapa blog yang melakukan trackbak.

Lalu, bagaimana cara membuat/mengirim trackback ? Sepengetahuan saya ada 2 cara untuk membuatnya yaitu secara manual dan otomatis.

1. cara manual. Setelah kita memberi live link menuju ke suatu blog, lalu carilah di bagian bawah kotak editor sewaktu kita menulis artikel di dasbor ada opsi send trackback to (kirim lacak balik ke). Masukkan url blog yang kita link tadi. Dan beberapa saat kemudian cek ke url tersebut, jika pemilik blog tak memasang/mengaktifkan moderasi komentar ataupun akismet, maka secara otomatis akan muncul komentar dari kita dengan ciri-ciri yang telah kusebutkan di atas tadi.
2. Secara otomatis. Pertama, login ke akun blog wordpress dan setelah berada di dasbor pada menu setting klik opsi discussion. Kemudian, pada opsi ‘Default article settings’ centang ‘Attempt to notify any blogs linked to from the article’ dan juga ‘Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks.)’. Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan setiap perubahan. Selesai.

Bahasan terakhir, memang apa sih fungsi trackback ? Untuk ini saya akan mencoba membuat beberapa poin-poin, simak berikut ini :

1. Blogger yang menerima trackback dari kita kemungkinan besar akan mengunjungi blog kita sehingga selain mendapat tambahan trafik juga dapat bermanfaat sebagai sarana perkenalan antar blogger yang bahkan sebelumnya sama sekali tidak saling mengenal.
2. Mendapat trafik yang berkualitas.
Jika kita mendapat trackback dan suatu hari ada yang pengunjung datang dari link tersebut, maka kemungkinan besar dia adalah seorang visitor yang benar-benar membutuhkan informasi seputar topik yang kita bahas (bukan pengunjung nyasar) dengan catatan yang memberi trackback artikelnya setopik dengan artikel kita.
3. Membuat artikel terlihat lebih berkualitas.
Tentunya semua orang menyadari kalau seorang blogger tentu tak akan menguasai semua bidang. Jadi, referensi dari situs lain yang kita taruh dalam postingan kita secara tidak langsung akan membuat artikel lebih berkualitas karena apa yang kita tulis ada dasarnya dan diulas juga oleh orang lain.
4. Dan lain-lain, mungkin ada yang bisa menambahkan :D
sumber:http://www.idafazz.com/pengertian-trackback-cara-bikin-dan-fungsi-trackback.php

0 komentar "Pengertian Trackback, Cara bikin dan Fungsi Trackback", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Bantu dengan klik

Please Click Here!!