http://terapilintahlampung.blogspot.com/2011/08/terapi-lintah-terapi-lintah-hirudo.html




TERAPI LINTAH

TERAPI LINTAH
(HIRUDO THERAPY)

LINTAH (Hirudo Medicinalis)
Terapi Lintah sudah digunakan berabad-abad lamanya, di zaman modern ini dan banyak penyakit yg dianjurkan oleh para ahli kesehatan mulai dari makanan sampai perawatan tubuh sebaik mungkin memakai bahan alami dr alam. Tidak terkecuali dalam bidang pengobatan, kembali ke alam dgn terapi lintah, metode purba, manfaat zat hirudin asli dari lintah sebagai anti koagulan pd kardiovaskuler (pembuluh darah).
Dalam proses terapi lintah ketika lintah menghisap darah, lintah memasukkan air liur yg mengandung beragam zat kimia alami, Apa yg terjadi pd darah anda ketika lintah menghisap selama 1-2 jam ?
Telah terjadi campuran yg kompleks antara darah anda dan zat2 yg ada dlm tubuh lintah,antara lain:
1. Zat Hirudin
zat ini masuk kedalam koagulan(darah kental) melalui pengikatan thrombin(faktor dlm thrombin yg berupa enzim) darah kental biasa keluar dari lubang gigitan bersama darah cair.
2. Anti Infeksi
yaitu pinicilin yg berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi pd bekas gigitan lintah.
3. Calin
Berada didarah kental yg memblokir(factor van wilebrand)yg berrfungsi sebagai zat perantara(mediator) dlm proses agregasi struktur darah yg disebut platelet.
4. Destabilase
Aktifitas monomerizing, melumatkan vibrind (produk akhir dari proses pengentalan darah)
5. Hirustasin
Berada di dlm enzim kalikrein;enzim trypsin yg berfungsi sbg pelembutan protein menjadi peptone, untaian peptine, peptidase, dst. Peptidase merupakan enzim didlm pencernaan dan usus.
6. Bdellins
zat yg mengurangi radang kulit merah,bengkak,sedikit dan gatal yg dialami pasien selama 3-4 hari.
7. Hyaluronidase
Zat antibiotik sehingga badan lintah yg dianggap kotor tidak menyebabkan infeksi pd tubuh pasien.
8. Anesthetic substance
Zat penghilang rasa sakit setempat
9. Triptase Inhibitor
Berada di enzim proteolytie dari mastcells dr suatu jaringan cyptoplasmiegranule(mengandungheparin,hestamin&serotonin)yg dilepas saat mengalami pembengkakan dan alergi.
10.Egllins
Zat anti pembengkakan
11.Faktor Xainhibitor
Zat aktif darah anti kental (anti koagulan/anti pembekuan darah)
12.Complement Inhibitors
Zat pengganti zat lain jika ada kekurangan
13.Carboxypeptydase alnhibitors
Meningkatkan aliran darah disekitar gigitan lintah.
14.Histaminelike Substance
Berfungsi sebagai fosoldilator, mengembangkan pembuluh darah sehingga aliran darah lebih lancar dan tdk tersumbat ataupun menggumpal.
Apakah Terapi Lintah menimbulkan Efek Samping??
Dinegara maju seperti Amerika, Inggris,Jerman, Zat Hirudin diakui lebih aman dibandingkan dgn obat pencair darah buatan (kimia sintetis), karena tidak memiliki efek samping.
Sensasi Gigitan Lintah
Terapi lintah meninggalkan sensasi yg berbeda-beda tiap individunya. Ada yg gatal, perih, dsb.sensasi berirama dan menarik biasanya terasa pada menit pertama 1-3 menit setelah lintah mulai menghisap darah kita.
Apakah rangsangan dr intensitas yg sama persis dianggap menyakitkan/tidak dirasakan tiap orang tentu tergantung pd kepribadian individu tetapi jg tergantung pd konsentrasi seseorang pd lintah atau sikap terhadap terapis lintah. Salah satu yg mempengaruhi sakit tidaknya disedot lintah adalah dari ukuran rahang lintah dmn tiap2 rahang lintah berbeda-beda,kekuatan menggigit,intensitas hisap dan volume dan komposisi air liur lintah jg berperan.Banyak orang tidak pernah memperhatikan gigitan lintah, misalnya ketika lintah menggigit sementara perhatian mereka terfokus pada sesuatu yg lain.sering, semakin cemas pasien berfokus pd lintah bersiap-siap untuk menggigit semakin tinggi persepsi nyeri. Pengalihan fokus dr gigitan lintah seringkali dapat membantu, hal ini juga berguna memungkinkan pasien untuk mengenal manfaat terapi lintah atau mengenal lintah itu sendiri, sehingga tumbuh kepercayaan diri terhadap terapi yg dijalaninya.
Gatal Pada Titik Lokal
Efek gatal ditempat gigitan lintah dalam beberapa hari pertama setelah perawatan sangat umum dirasakan setiap pasien terapi lintah dan tidak boleh salah untuk berasumsi bahwa adanya reaksi gatal merupakan alergi, gatal dititik lokal merupakan proses dimana terjadi pembentukan jaringan kulit untuk menutup bekas luka gigitan lintah dan tidak boleh digaruk terutama setelah penutupan luka awal karena ini dapat menunda penyembuhan luka, untuk mengatasinya bisa dilakukan pendinginan pada titik lokal dgn mengompres dg kain lembab/basah.
Gangguan Luka Penyembuhan,Superinfection dan Alergi
Setelah selesai tahap gatal pd luka bekas gigitan lintah, tepi2 dari tiga cabang luka umumnya membengkak untuk 12-48 jam kadang disertai dgn perasaan ketegangan lokal, panas, dan memerah.bintik2 darah kecil(ekimosis) mengembangkan dibawah kulit disekitar gigitan lintah.koleksi lebih besar dr darah jarang berkembang,seperti memar dangkal, bintik2 darah ungu kemerahan pd awalnya, kemudian putar kekuningan dan akhirnya hilang dlm waktu 2 minggu.
Kadang terjadi peradangan terlokalisasi, kadang2 dgn ketinggian papulous dr tempat gigitan, juga merupakan masalah umum relatif sering disertai gatal,peradangan ini biasanya mereda dgn cepat dan dibiarkan dingin.luka gigitan dgn gangguan seperti ini penyembuhan luka tdk diketahui sampai berapa lama.
Radang lokal yg lebih parah sering disebabkan oleh kontaminasi luka sekunder atau iritasi karena iritasi mekanis seperti,menggaruk, menggosok2 luka gigitan.Sebaiknya setelah terapi pasien harus melindungi luka dan iritasi mekanis,efek rasa gatal setelah terapi lintah bukanlah merupakan reaksi alergi,kadang terjadi pembengkakan pd bekas luka, gejala ini sering ditemui pd luka gigitan di titik pangkal paha, sendi lutut, sendi panggul dan varises, walau tdk semua pasien mengalami hal yg sama seperti disebutkan diatas.
Luka parut bekas gigital lintah, bila dibiarkan biasanya cepat menyusut,ketiga cabang kecil terlihat/tdk terlihat, tanda dpt hilang sepenuhnya dlm wkt 3 minggu tergantung kondisi pasien. Namun, jika penyembuhan luka terganggu karena iritasi karena infeksi garukan atu hal sekunder maka bekas luka akan hilang dlm periode yg lama secara signifikan.
Memakai pakaian ketat setelah terapi lintah, misalnya disekitar lutut,yg dapat mengakibatkan pembentukan bekas luka.Untuk alasan estetika,pengekangan disarankan bila menggunakan lintah di daerah wajah/dibagian terlihat jelas.
Terapi lintah jarang menyebabkan komplikasi serius,hanya efek gatal pada titik lokal tapi tidak akan berlangsung lama.
Setiap pasien terapi memiliki efek yg berbeda-beda tergantung pada tingkat imunitas/kekebalan dan kondisi organ-organ dalam tubuh pasien.
Persepsi tentang rasa sakit terapi lintah bervariasi, sebagian besar pasien menggambarkan rasa sakit segera dirasakan setelah lintah menggigit dan berlangsung selama 5 menit karena semakin banyak air liur dimasukkan kedalam pembuluh atau jaringan kulit efek anestesi air liur mulai bereaksi.sehingga lama kelamaan tdk akan merasakan sakit lagi.
Banyak penyakit telah disembuhkan melalui proses terapi lintah, proses penyembuhannya dpt dirasakan hari demi hari dan sangat cepat dirasakan setiap pasien bahwa hasil dr terapi lintah ini sangat luar biasa terbukti!!
Kenapa anda harus jijik ataupun takut??kalau terapi lintah manfaatnya nyata, sehingga melupakan manfaat pengobatannya.
Sejarah Terapi lintah
Terapi lintah sudah dikenal sejak 2000SM oleh masyarakat mesir.sejak 4000 tahun yg lalu terapi lintah sudah akrab dengan dunia pengobatan, manfaatnya sudah teruji di dunia kedokteran yunani dan romawi.
Pertengahan tahun 1800-an lintah digunakan untuk menghisap darah pada titik lokal misalnya untuk pasien yang menginginkan perubahan warna wajah agar terlihat cerah dan sehat.
Dokter pd zaman sekarang menggunakan lintah untuk membantu mengembalikan sirkulasi darah kejaringan yang akan dicangkokkan dan disambungkan seperti jari tangan dan jari kaki..
Sebagai contoh, Sebuah rumah sakit di boston Amerika Serikat menggunakan lintah untuk menyambung tangan seorang pekerja yg hampir putus,setelah pasca operasi guna menyambung dan mengeluarkan darah yg membeku dan kotor dokter menggunakan lintah sebagai alat penyambung pembuluh dan syaraf2 yg terputus pd tangan,lintah ditempelkan pd tangan selama beberapa bulan dan hasilnya tangan pasien tersebut dpt normal dan terhindar dari amputasi..subhanallah!!!
Lintah merupakan hewan yg sensitif dan teliti dlm mengerjakan tugasnya dlm menghisap darah karena hanya pada titik2 yg bermasalah saja hewan ini mau menggigit jd tidak semua tempat2 yg dilewatinya akan digigit tergantung sensorik pd lintah yg menemukan titik2 yg sakit tsb.
Ahli bedah plastik sangat sangat berterima kasih dalam kontribusi yg dilakukan oleh lintah, karena penggunaannya dalam pengobatanGRAFTS sulit dan dlm BEDAH REKONSTRUKSI, dmn dgn lintah hal2 yg mikro/sulit dlm proses pembedahan kedokteran dapat terbantu dengan lintah ini.
Seekor lintah mempunyai 32 otak dan terdapat 650 spesies lintah,hanya 10 spesies yg digunakan bagi tujuan pengobatan kesehatan. Pengobatan lintah dalam dunia pengobatan kedokteran telah diluluskan oleh U.S FDA (Food Drugs Association).
TERAPI LINTAH DAPAT MENCEGAH DAN MENGOBATI BERBAGAI JENIS PENYAKIT YANG SERIUS


Kombinasi dengan ramuan herbal alami ataupun herbal yg sudah dijadikan tablet dan anti koagulan mampu membuat darah (platelet) tidak mudah pecah dan menggumpal, menjadikan dinding pembuluh darah kuat, tidak rapuh dan tidak mudah ditembus oleh zat yg memecah dinding pembuluh darah.
Darah yg mengencer dapat menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan sirkulasi darah, mencairkan pembekuan darah, plak, membersihkan penyempitan/penyumbatan pembuluh darah di jantung. Menurunkan kolesterol, melenturkan pembuluh darah jantung, menurunkan ketegangan saraf, menurunkan kadar superoksida yg merusak jaringan otot jantung dan menambah sistem kekebalan tubuh (imunitas).

Yaa syafii isyfii wa anta syaafii, la syifaa an illa syifaauk syifaa an laa yughoodiru saqoma, amin.
(doa kesembuhan)

0 komentar:

CONTACT PERSON :

FIRDAUS, S.H ( TERAPIST )

HP : 085758954845
SMS : 082177963578





free counters
Videos

0 komentar " ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Bantu dengan klik

Please Click Here!!