Pembahasan ektum diapro

            Pada praktikum kali ini, dilakukan pengamatan vegetasi dengan cara pembuatan diagram profil. Diagram profil suatu daerah merupakan gambaran secara visual yang diaktualisasikan secara presisi. Diagram profil yang dibuat harus memiliki komponen utama yaitu, dapat mewakili dan menggambarkan apa saja yang ada di lapangan. Selain itu juga gambar yang dibuat harus memiliki keterangan pada tiap simbolnya.Gambarannya berupa pelapisan tajuk dari tiap-tiap jenis pohon dan dapat melukiskan secara detail ruang vertikal antar jenis. Selain itu, diagram profil menggambarkan struktur vegetasi secara horizontal dan vertikal
            Penggambaran diagram profil dimulai pada plot pertama di transek kelompok 10. Pada plot ini terdapat bla bla bla. Bla bla bla, blablabla (diisi sama nama pohonnya). Pada plot kedua terdapat bla bla bla. Bla bla bla, blablabla (diisi sama nama pohonnya). Pada plot ketiga terdapat bla bla bla. Bla bla bla, blablabla (diisi sama nama pohonnya).Nah,kalo bisa dibawah paragraf ini dikasih gambar diapro per plot..plot 1,2,3 ga dijadiin satu...kalo bisa...
   Strata vegetasi yang mendominasi pada komunitas yang kami amati adalah stratum C yaitu tanaman yang memiliki ketinggian antara 5-20 m contohnya adalah Tectona grandis. Stratum lainnya adalah stratum D. Stratum D ialah tanaman yang memiliki ketinggian 0-1 meter. Biasanya berupa semak atau liana. Contohnya adalah Momordica sp. , Salvia sp. Yang dimana ketiga tanaman ini membentuk vegetasi semak di plot 1.
Pada plot kedua, hanya terdapat stratum E, yaitu tanaman penutup tanah atau biasa disebut covering plant, yang didominasi oleh tumbuhan dari famili poaceae dan terdapat sebuah tunggul. Di plot 2 ini, tidak ada tumbuhan berkayu (seedling), menyebabkan sinar matahari terus-menerus menyinari rerumputan ini, lalu mempengaruhi pertumbuhan dari rerumputan sehingga, rerumputan tersebut menutupi tanah yang ada di plot 2.
Sedangkan, pada plot 3 sudah didominansi oleh tanaman kebun Manihot esculenta. Walaupun terdapat pula tanaman Phaseolus vulgaris. Terdapat pula beberapa pohon Tectona grandis sehingga di beberapa wilayah di plot 3 tertutup oleh kanopi pohon Tectona grandis. Oleh sebab itu, pertumbuhan covering plant tidak se-subur pertumbuhan covering plant di plot 2.
Bentuk kehidupan dari spesies tumbuhan biasanya memiliki karakteristik yang tetap. Namun spesies yang sama dapat menerima bentuk kehidupan yang berbeda ketika tumbuh dibawah kondisi lingkungan yang berbeda. Vegetasi dapat diklasifikasikan kedalam struktur tanpa menunjuk pada nama spesies. Ini telah dibuktikan terutama dalam floristik lokasi yang belum dijamah, dan dalam lokasi dimana vegetasi tidak dapat diklasifikasikan dengan mudah dengan spesies yang dominan. Ketinggian tumbuhan digunakan sebagai kriteria dalam klasifikasi bentuk kehidupan. Walaupun, berbagai bentuk kehidupan dapat memberikan pemikiran khusus dari stratifikasi atau pelapisan dalam komunitas (Mueller-Dombois).
Dari diagram profil ini, diperoleh gambaran kondisi struktur tumbuhan secara kuantitatif dan kualitatif. Gambarannya berupa pelapisan tajuk dari tiap-tiap jenis pohon dan dapat melukiskan secara detail ruang vertikal antar jenis. Selain itu, diagram profil menggambarkan struktur vegetasi secara horizontal dan vertikal.
Arboretum bukan merupakan ekosistem alami, melainkan ekosistem semi atau buatan sehingga ada campur tangan manusia yang menyebabkan tumbuhan dalam arboretum tersebut beragam (heterogen). Lokasi praktikum kelompok  yaitu di wilayah tanaman langka.  Lokasi ini merupakan daerah yang memperoleh sedikit cahaya matahari karena tertutup oleh kanopi pohon yang ada. Bila dianalisis secara vertikal, strata atau penyebaran kanopi tidak merata kerapatannya. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi kompetisi antar species tumbuhan di arboretum (selain oleh kerusakan manusia) dalam memperoleh sinar matahari, air dan nutrisi-nutrisi yang ada dalam tanah , (Smith, 1990).
Ini tolong ditambahin sama ukuran pohon tertinggi,pohon dengan kanopi terlebar,sama pohon terbanyak yaaa :D . digabung dari semua plot ajaa...

Makasih :D

0 komentar " ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Bantu dengan klik

Please Click Here!!