Sargassum sp.

http://www.youtube.com/watch?v=f-7GIsOCjuI

Classification:
Empire Eukaryota
Kingdom Chromista
Subkingdom Harosa
Infrakingdom Heterokonta
Phylum Ochrophyta
Subphylum Phaeista
Infraphylum Marista
Superclass Fucistia
Class Phaeophyceae
Order Fucales
Family Sargassaceae
Genus Sargassum


Sargassum beds in Caribbean Colombia

Detil data Sargassum
[Back]


Spesies : Sargassum
Nama Indonesia : Alga sargassum
Nama Lokal : Oseng (Kep. Seribu), Kembang karang (Banten), dandigum, arien wari (Ambon), agar-agar kupan (Maluku)
Deskripsi : Algae Sargassum tumbuh sepanjang tahun, tumbuhan ini bersifat "perenial" atau setiap musim barat maupun timur dapat dijumpai di berbagai perairan. Algae Sargassum tumbuh berumpun dengan untaian cabang-cabang. Panjang thalli utama mencapai 1 - 3 m dan tiap-tiap percabangan terdapat gelembung udara berbentuk bulat yang disebut "Bladder," berguna untuk menopang cabang-cabang thalli terapung ke arah permukaan air untuk mendapatkan intensitas cahaya matahari.
Distribusi/Penyebaran : Sargassum merupakan genus yang sangat besar (mendekati 400 spesiaes) yang menyebar si seluruh dunia. Di Indonesia saja, lebih dari 50 jenis sargassum telah dikoleksi.
Habitat : Lingkungan tempat tumbuh algae Sargassum terutama di daerah perairan yang jernih yang mempunyai substrat dasar batu karang, karang mati, batuan vulkanik dan benda-benda yang bersifat massive yang berada di dasar perairan. Algae Sargassum tumbuh dari daerah intertidal, subtidal sampai daerah tubir dengan ombak besar dan arus deras. Kedalaman untuk pertumbuhan dari 0,5 - 10 m. Marga Sargassum termasuk dalam kelas Phaeophyceae tumbuh subur pada daerah tropis, suhu perairan 27,25 - 29,30 oC dan salinitas 32-33,5 %o. Kebutuhan intensitas cahaya matahari marga Sargassum lebih tinggi dari pada marga algae merah.
Perbanyakan : Perkembangbiakan atau reproduksi marga Sargassum yang termasuk bangsa Fucales, marga Sargassaceae dikenal dua cara yaitu; Reproduksi asexual (vegetatif) dan sexual (generatif). Reproduksi vegetatif dilakukan melalui fragmentasi yaitu potongan thallus berkembang melakukan pertumbuhannya. Cara ini banyak dilakukan untuk usaha budidaya. Reproduksi generatif yaitu perkembangan individu melalui organ jantan (antheridia) dan organ betina (oogenia).
Manfaat tumbuhan : Sargassum dapat digunakan sebagai pupuk untuk tanaman Allium cepa L., Bawang Putih (Allium sativum L.), Merica (Capsicum L.) and Ubi Jalar (Ipomoea batatas (L.) Lamk).
Sumber Prosea : 15(1): Cryptogams: Algae p.pp. 240-246 (author(s): Prud`homme van Reine, W.F. and Trono Jr, G.C.)
Kategori : Pupuk

 

0 komentar "Sargassum sp.", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Bantu dengan klik

Please Click Here!!