Taksonomi Kryptogamae

Sebuah catatan kuliah

Penggunaan bahasa latin dalam penamaan disebabkan bahasa latin adalah bahasa yang kaku atau mati yang tidak mungkim berubah lagi.
Tujuan taksonomi:
!.Penemuan flora-flora baru di dunia
2.Memberikan sebuah metode identifikasi berdasarkan ciri-ciri pencandraan
Peranan Ahli
Ahli Taksonomi bertanggung jawab dalam membantu konservasi biologi
Eceng gondok  Eichhornia crassipes (eceng gondok  http://unekunekunek.files.wordpress.com/2010/03/enceng-gondok.jpg)
eceng gondok di pot
http://iqmal.staff.ugm.ac.id/index.php/2009/04/13/pelestarian-rowo-pening-dari-ancaman-eceng-gondok/
Keika sesuatu spesies baru ditemukan ahli taksonomi sangat dihargai dan diberi kesempatan untuk menamakan.Terdapat suatu buku catatan yang berisi nama2 spesies yang akan punah atau dilindungi yang berada diGErma.karantina ketika spesies berpindah dari suatu tempat ke tempat lain diperlukn agar tidak ada perpindahan hama,virus atau bakteri seperti contohnya Eceng Gondok yang menjadi hama di Indonesia padahal berpindah dari Thailand .Tanaman eceng gondok bukan asli tanaman Indonesia, melainkan didatangkan dari Thailand sebagai tanaman hias. Bunga eceng gondok yang berwarna ungu itu memang indah. .Menurut literatur Eceng gondok pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang ilmuwan bernama Carl Friedrich Philipp von Martius, seorang ahli botani berkebangsaan Jerman pada tahun 1824 ketika sedang melakukan ekspedisi di Sungai Amazon Brasil.(^ "Eceng Gondok, Gulma Sahabat Manusia?". U. Sirojul Falah. Harian Pikiran Rakyat. 28 September 2003.)



Heterokista/heterokist/heterocyst adl sel yg berdinding lbh tebal yg berbeda dgn sel2 lainnya pd Cyanobacteria yg berbentuk benang/filamen. Heterokist dpt memfiksasi nitrogen dlm bentuk gas (N2) shg dpt dimanfaatkan oleh cyanobacteria tsb. Contoh Cyanobacteria yg memiliki heterokist adlh Nostoc & Anabaena.
Heterokist dpt tumbuh mjd individu baru jk memisahkan diri dr sel2 lain.
Nostoc sp ((http://silicasecchidisk.conncoll.edu/Pics/Other%20Algae/Blue_Green%20jpegs/Nostoc_Key20.jpg)                                    

Anabaena sp (https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimqacz2MKO199TtmT0F_iatjzpLVUpz9-xSCFA-C9JS4o08AfSne22No4JZLQ7Pyww7wzLO8CNF9kMxiyRgjcDWNLs5IyWmOF-ZiYEZ-297uaVATfn2o5lSIA5BJFxziEZU5QPmSx3ZoU/s1600/anabaena.jpg

 

materi referensi:

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20091021035023AA9g45y

Buku
Biologi X SMA. Bumi Aksara

0 komentar "Taksonomi Kryptogamae", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Bantu dengan klik

Please Click Here!!