Kuliah Evolusi Biologi Unpad ruang 208
Prof Yayat
Rabu 27 Februari 2013
Jam 14.00


Konsep-konsep dalam Seleksi Alam'
Jumlah individu di alam relatif tetap diasumsikan kebanyakan anak-anak dilahirkan itu binasa
2.karena lebih banyak individu yang lahir dan yang hidup maka terjadi perjuangan untuk dapat hidup "Struggle of existence" terjadi kompetisi terhadap sumber daya yang ada .terdapat Race of cycle misalnya alpukat warnanya sama tetapi memiliki varietas yang berbeda-beda "race of cycle."
Race of Cycle menunjukkan titik- titik ekstrim dalam satu siklus  pada akhirnya menimbulkan adanya isolasi pada  beberapa subspesies.

Seperti tanaman puring yang memeiliki warna berbeda-beda
4.banyak dari variasi yang terdapat pada makhluk hidup beberapa diantaranya memberikan kemudahan untuk dapat hidup sedang yang lainnya menyebabkan individu2 tereliminasi dikenal punah dengan "Survival For The Fittest" atau Natural Selection" jika memudahkan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

5.Individu yg survive akan mewariskan sifat-sifat kehidupannya kpada generasi berikutnya variasi disebut juga yang berhasil akan diturunkan pada generasi berikutnya.Variasi yg berhasil akan diturunkan kepada generasi berikutnya.Kelangsungan hidup bagi yang mutasinya paling cocok dgn lingkungannya.

Bukti-Bukti Evolusi
Homologi
Kaki belakang burung tak bersayap,mempunyai vestigial tulang sayap.
Binatang yg hidup dalam gua matanyta menjadi butra karena jarang dipakai. vestigial terdapat 100 organ seperti coccyx,tulang ekor yang berguna untuk keseimbangan badan seperti pada primata Orang utan,Owa
Rambut manusia bebeda dengan bulu pada aves sudah memendek dan sebagian telah menghilang.
Pada manusia gerakan otot telinga  berbeda pada gajah yang bisa menggerakkan telinganya sebagai alat bantu untuk mendinginkan suhu tubuh.ataupengatur suhu tubuh.
Pada ular sanca terdapat pada  bagian anus seperti bekas  tulang kaki.

beberapa  burung yang sudah tidak bisa terbang ,masih tersis bagian depannya misalnya pada Kasuari di Irian jaya,selain itu seperti puyuh yang sudah tak bisa terbang

*Bukti Fisiologi dan Biokimia Tubuh
Pada organ tubuh jantung , paru-paru, mperut,dll.dari mamalia mistikus ,manusia dan Katak mempunyai fungsi dan pola yg sama.

Dengan sedikit perbedaan dlm hal kebutuhan, vitamin dan sistem reproduksi.namun secara umum proses fisiologi pernapasan , pencernaan, peredaran darah, dan respon syarafnya sama.
Aspek2 yang dilihat:

Kimia darah= untuk mengetahui hubungan antar binatang.Misalnya Kera dunia lama di Benua Afrika dan Asia dan Dunia Baru  di Amerika Selatan.Kekerabatan Kera Besar,Monyet  dan tarsioidea.

Protein darah=Reaksi Pengendapan.

Bisa juga dilihat juga dari volume otaknya.

Kekerabatan Hewan yang dekat seperti Kucing, Anjing, dan Beruang sangat dekat hubungannya daripada dengan mamalia lainnya.





0 komentar " ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Bantu dengan klik

Please Click Here!!